Selasa, 26 Maret 2013

Keunggulan dan Kelemahan Windows 8

Windows 8 memiliki beberapa keunggulan dan kelemahan. Hal ini dapat dirasakan saat bekerja, bermain game, maupun saat mendengarkan musik. Sensasi menggunakan Windows 8 memang berbeda jauh ketika menggunakan Windows 7.

Pihak Microsoft mengemukakan bahwa syarat hardware agar mampu menjalankan Windows 8 sebenarnya masih sama dengan syarat yang dipakai untuk menjalankan Windows 7, bahkan disebutkan bahwa Windows 8 lebih ringan dan mempunyai proses instalasi yang sangat cepat dibandingkan dengan Windows 7 atau versi sebelumnya.


Spesifikasinya adalah sebagai berikut :

Prosesor            : 1 GHz atau lebih cepat 32-bit (x86) atau 64-bit (x64)
RAM                  : 1 GB RAM (32-bit) atau 2 GB RAM (64-bit)
Ruang harddisk : 16 GB ruang tersedia (32-bit) atau 20 GB ruang tersedia (64-bit)
Kartu grafis        : Perangkat grafis DirectX 9 dengan WDDM 1.0  ke atas

Berikut ini review singkat mengenai sistem operasi Windows 8:

Keunggulan
Waktu boot yang lebih cepat
Ya, memang waktu boot untuk Windows 8 ini lebih cepat 3 kali lipat daripada Windows 7, baik saat diaktifkan fast startup-nya maupun tidak. Waktu boot Windows 7 bisa mencapai sekitar 1,5 menit, tetapi saat menggunakan Windows 8, waktu boot terpangkas hanya menjadi sekitar 15 detik saat fast startup aktif, dan 30 detik saat fast startup nonaktif.

Metro UI yang indah
Interface-nya yang dijuluki sebagai Metro memang sangat dioptimalkan oleh Microsoft untuk sentuhan dengan wujud ala interface Windows Phone. Segala macam kemudahan dapat kita rasakan dari adanya Metro UI ini. 

Sinkronisasi yang terpusat
Maksud dari statement yang ini adalah, yaitu dapat mensinkronisasi akun Windows Live, Yahoo! Messenger, Twitter, email, dan lainnya hanya dengan satu kali klik. Hal ini sangat membantu untuk konektifitas Anda.

Tidak membutuhkan upgrade PC
Microsoft pernah menyatakan bahwa komputer yang bisa menjalankan Windows 7 dapat pula menjalankan Windows 8, sehingga pengguna tidak perlu melakukan upgrade PC. Menurut Microsoft, prosesor Intel Atom dan RAM 1 GB sudah sangat cukup untuk menjalankan OS ini.
  
Windows Store
Windows 8 akan memiliki toko aplikasi sendiri yang dinamakan Windows Store. Di sini kita dapat menemukan berbagai aplikasi yang kita butuhkan. Namun sayang sekali jumlah aplikasi yang ada sekarang masih sangat sedikit, mengingat sistem operasi ini masih baru. Tetapi diperkirakan 3 atau 4 bulan lagi aplikasi yang dibuat oleh para developer akan segera memenuhi Windows Store.

Mendukung NFC (Near Field Communications)
Windows 8 akan mendukung NFC, sebuah teknologi yang kegunaannya antara lain untuk transaksi keuangan digital.
  
Shortcut yang mudah
Banyak sekali shortcut yang dapat mempermudah kita pada Windows 8 ini. Contohnya saat kita akan menutup sebuah desktop dan berpindah ke desktop baru, kita hanya menahan klik kiri pada bagian atas desktop, dan menariknya kebawah. Selain itu, kita juga dapat menutup berbagai macam aplikasi Metro yang berjalan hanya dengan mengarahkan mouse ke ujung kiri atas layar, klik kanan, dan close saja aplikasi yang akan ditutup.

Kelemahan
Banyak driver VGA yang belum compatible
Misalnya untuk driver ATI Radeon HD4550. Hingga saat ini, belum ada driver yang compatible dan dapat di install di PC. Juga ada driver lain yang incompatible dengan Windows 8.

Hilangnya efek Blur dan Glass Transparency
Fitur ini sudah hilang sama sekali pada Windows 8. Walaupun pada taskbar masih terlihat efek transparansi-nya, namun tidak terdapat efek blur seperti pada Windows 7. Ini menghilangkan keindahan sistem operasi yang sudah diciptakan oleh Microsoft sendiri sejak Windows Vista keluar. Sebenarnya ada efek positif dari hilangnya fitur blur dan glass ini, yaitu komputer menjadi bekerja lebih ringan.

Tidak ada opsi untuk merubah tiles menjadi icon
Pada ukuran tiles terkecil, tampilannya masih terlalu besar menurut saya. Jadi saat nantinya kita menginstall banyak aplikasi, maka otomatis screen Metro yang tampakakan terlihat sangat berantakan dan kita harus mengaturnya sedemikian rupa agar tidak mengganggu kinerja kita.

Tombol Start yang menghilang
Ini adalah salah satu sisi negatif terbesar pada Windows 8. Para pengguna yang biasa menggunakan Windows sejak lama, pasti akan mengalami kebingungan saat pertama kali menggunakan Windows 8.

Metro App incompatible pada netbook

Metro App memang bisa bekerja baik di tablet dan desktop tapi fitur tersebut sangat tidak kompatibel jika digunakan pada netbook dengan resolusi layar 1024 x 600. Dengan kata lain seharusnya Microsoft segera melakukan perubahan bagaimana caranya agar pengguna netbook dapat menjalankan fitur Metro App tersebut tanpa mengurangi kualitas grafis yang akan didapat. 

Share this post

0 komentar

Silahkan beri komentar untuk artikel ini tanpa mengandung unsur kekerasan, pornografi, SARA, SPAM.

:) :-) :)) =)) :( :-( :(( :d :-d @-) :p :o :>) (o) [-( :-? (p) :-s (m) 8-) :-t :-b b-( :-# =p~ :-$ (b) (f) x-) (k) (h) (c) cheer

 
© 2016 Spirit of PC
All Right Reserved
Scroll Top